Sambangi Pulau Maratua, Sandiaga Uno Bertemu para Pelaku UMKM Kuliner



loading…

Sandiaga Uno bertemu dengan para pelaku UMKM untuk melihat hasil produk ekonomi kreatif kuliner yang ada di Teluk Harapan, Pulau Maratua, di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Foto/Dok Kemenparekraf

BERAU – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno baru-baru ini meresmikan Pulau Derawan sebagai 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. Pada peresmian sekaligus kunjungan kerja tersebut, Sandiaga sempat bertemu dengan para pelaku UMKM untuk melihat hasil produk ekonomi kreatif kuliner yang ada di Teluk Harapan, Pulau Maratua, di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga memberikan apresiasi sekaligus melakukan sejumlah evaluasi. Menurutnya, produk kuliner yang ditampilkan di Pulau Maratua sudah baik, namun ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan. Salah satunya terkait desain produk, serta perlu adanya penambahan produk kriya dan fesyen sehingga dampak ekonomi pariwisata yang dirasakan akan semakin besar.

“Saya ingin ada pelatihan ekonomi kreatif untuk pelaku UMKM di Berau. Jadi nanti kami akan desain dalam program Kata Kreatif,” ujar Sandiaga, melansir siaran pers Kemenparekraf RI, Rabu (3/7/2024).

“Melalui ini kita bisa membawa pelatihan pemasaran dan permodalan untuk kemajuan bukan hanya di Maratua tapi Berau secara keseluruhan,” lanjutnya.

Sebelum bertemu para pelaku UMKM di Teluk Harapan, Pulau Maratua, tersebut, Sandiaga berkesempatan menjajal taman bawah laut di Pulau Derawan yang menjadi rumah bagi beberapa spesies yang dilindungi, seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, ikan barakuda, dan beberapa spesies lain.

Usai melakukan rangkaian visitasi Desa Wisata Pulau Derawan, Sandiaga bergerak menuju Pulau Kakaban yang saat ini ditutup sementara karena sedang dalam proses pemulihan ubur-ubur.

Sandiaga kemudian menuju Laguna Kehe Daeng untuk snorkeling dan bermain paddle. Agenda dilanjutkan dengan meninjau sarana dan prasarana yang ada di Goa Halo Tabung.

Tidak hanya snorkeling di Lagina Kehe Daeng, Sandiaga juga menjajal snorkeling di Pratasaba Resort.

Pulau Derawan sendiri telah menjadi magnet bagi wisatawan Nusantara maupun mancanegara. Kekayaan alam bawah lautnya selalu mempesona para penyelam. Tidak heran jika Pulau Derawan dinobatkan sebagai salah satu spot diving terbaik di Indonesia, selain Raja Ampat.

Hal tersebut ternyata memberikan dampak pada pendapatan Desa Wisata Pulau Derawan. Di mana dari ratusan kampung yang ada di Kabupaten Berau, Pulau Derawan salah satu yang mencetak pendapatan asli kampung tertinggi.

(tsa)



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *