Minum Air Tajin Bisa Mengecilkan Perut Buncit, Mitos atau Fakta?



loading…

Minum air tajin dipercaya bisa mengecilkan perut buncit yang membandel. Air ini sudah sejak lama digunakan sebagai cara alami untuk mengecilkan perut. Foto/Beyond Kimchee

JAKARTA – Minum air tajin dipercaya bisa mengecilkan perut buncit yang membandel. Air ini sudah sejak lama digunakan banyak orang Indonesia sebagai cara alami untuk mengecilkan perut dan berbagai khasiat kesehatan lainnya.

Air tajin adalah air rebusan beras yang dihasilkan saat memasak nasi. Air ini biasanya berwarna putih keruh dan memiliki rasa yang khas. Di berbagai budaya, air tajin telah digunakan sebagai minuman kesehatan karena kandungan nutrisinya yang tinggi.

Dilansir dari Health Shots, Selasa (9/7/2024), air tajin mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat yang memberikan energi cepat bagi tubuh. Vitamin B pada air ini berperan dalam metabolisme energi.

Kandungan mineral seperti magnesium dan fosfor dalam air tajin penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Meskipun dalam jumlah kecil, protein dalam air tajin dapat membantu dalam perbaikan jaringan tubuh.

Beberapa klaim yang sering dikaitkan dengan manfaat air tajin untuk mengecilkan perut buncit antara lain meningkatkan metabolisme. Ini karena kandungan vitamin B dalam air tajin disebut-sebut dapat membantu meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya dapat membakar lemak lebih cepat.

Selain itu, air tajin juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebihan. Air tajin dipercaya dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh, meskipun klaim ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Namun, penurunan berat badan dan mengecilkan perut buncit membutuhkan pendekatan holistik. Selain minum air tajin, penting untuk mengatur pola makan dengan perbanyak konsumsi buah, sayur, dan protein, serta kurangi makanan olahan, berlemak tinggi, dan bergula tinggi.

Rutin berolahraga dengan lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari. Penting juga tidur cukup yakni 7-8 jam dapat membantu mengatur hormon yang terkait dengan nafsu makan dan metabolisme.

Selain itu, pastikan mengelola stres. Sebab, stres dapat memicu hormon kortisol yang meningkatkan nafsu makan dan penyimpanan lemak di perut.

Jika Anda tertarik mencoba air tajin sebagai bagian dari diet sehat, gunakan beras berkualitas dan air bersih untuk merebus. Kemudian minum air tajin secara teratur, misalnya satu gelas di pagi hari. Pastikan Anda juga mengonsumsi makanan seimbang dan berolahraga secara teratur.

(dra)



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *