8 Gerakan Yoga untuk Memperlancar Menstruasi, Cukup Lakukan 10 Menit



loading…

Ada delapan gerakan yoga untuk memperlancar menstruasi yang tidak nyaman. Menstruasi sering kali disertai dengan berbagai gejala yang tidak nyaman. Foto/Yoga Teacher Training

JAKARTA – Ada delapan gerakan yoga untuk memperlancar menstruasi yang tidak nyaman. Menstruasi sering kali disertai dengan berbagai gejala yang tidak nyaman, seperti kram, nyeri punggung, dan mood swing.

Salah satu cara alami dan efektif untuk mengatasi ketidaknyamanan ini adalah melalui praktik yoga. Yoga membantu merilekskan tubuh, mengurangi stres, dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat memperlancar menstruasi .

Meskipun lamanya siklus menstruasi bervariasi dari satu wanita ke wanita lainnya, rata-rata siklusnya adalah setiap 28 hari. Namun, siklus menstruasi teratur yang biasanya terjadi setiap 21 hingga 35 hari dan berlangsung sekitar 2 hingga 7 hari juga dianggap normal.

Sedangkan, siklus menstruasi tidak teratur ketika panjang siklus sering bervariasi, menstruasi terlewat, atau alirannya sangat deras atau ringan. Berikut gerakan yoga untuk memperlancar menstruasi Berikut gerakan yoga untuk memperlancar menstruasi dilansir dari Health Shots, Jumat (21/6/2024).

Gerakan Yoga untuk Memperlancar Menstruasi

1. Titliasana

Gerakan ini adalah peregangan perlahan pada paha bagian dalam, pinggul, dan selangkangan. Ini membantu meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang organ reproduksi.

Duduklah di lantai dengan punggung lurus. Tekuk lutut Anda dan satukan kedua telapak kaki Anda, dekat dengan panggul Anda. Pegang kaki dengan tangan Anda. Tarik napas dalam-dalam dan saat Anda mengeluarkan napas, tekan lutut Anda ke bawah menuju lantai, gerakkan ke atas dan ke bawah seperti kupu-kupu. Lanjutkan gerakan ini selama 1-2 menit.

2. Goumukh Asana

Goumukh asana meregangkan pinggul, paha, dan dada, membantu membuka area panggul dan meningkatkan sirkulasi. Caranya, duduklah dengan kaki terentang di depan Anda. Tekuk lutut kiri dan bawa kaki kiri ke bagian luar pinggul kanan.

Tekuk lutut kanan Anda dan tumpuk di atas lutut kiri Anda, letakkan kaki kanan Anda di luar pinggul kiri Anda. Raih lengan kiri di belakang punggung dan lengan kanan di atas bahu, rapatkan kedua tangan. Tahan pose ini selama 30 detik hingga 1 menit, lalu ganti sisi.

3. Setubandhasana

Gerakan yang dikenal sebagai pose jembatan ini memperkuat otot punggung, meningkatkan sirkulasi darah, dan menstimulasi organ perut, membantu keseimbangan hormon.

Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki rata di lantai, dibuka selebar pinggul. Letakkan lengan Anda di samping tubuh Anda, telapak tangan menghadap ke bawah. Tarik napas dan angkat pinggul ke arah langit-langit, tekan kaki dan lengan ke lantai. Tahan pose tersebut selama 30 detik hingga 1 menit, lalu buang napas dan perlahan turunkan pinggul kembali ke lantai.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *