5 Bahaya Konsumsi Daun Singkong Berlebihan, Waspada Keracunan Sianida



loading…

Bahaya konsumsi daun singkong berlebihan bagi kesehatan harus diwaspadai. Daun ini digunakan sebagai bahan makanan di berbagai negara, terutama Indonesia. Foto/Istock Photo Supersmario

JAKARTA – Bahaya konsumsi daun singkong berlebihan bagi kesehatan harus diwaspadai. Daun ini sering digunakan sebagai bahan makanan di berbagai negara, terutama di wilayah tropis seperti di Indonesia.

Daun singkong kaya akan nutrisi seperti protein, serat, vitamin, dan mineral. Namun, konsumsi daun singkong dalam jumlah berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Memasak daun singkong dengan benar, mengonsumsi dalam jumlah yang wajar, dan memastikan variasi dalam pola makan adalah langkah-langkah penting untuk mencegah efek samping. Jika memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan, berkonsultasi dengan dokter sebelum mengubah pola makan.

Berikut adalah beberapa bahaya yang perlu diwaspadai dari konsumsi daun singkong berlebihan dilansir dari Times of India, Selasa (9/7/2024).

5 Bahaya Konsumsi Daun Singkong Berlebihan

1. Kandungan Sianida

Daun singkong mengandung glikosida sianogenik, yang dapat melepaskan sianida saat dikonsumsi. Sianida adalah racun yang dapat menghambat kemampuan sel untuk menggunakan oksigen, sehingga berpotensi menyebabkan keracunan.

Keracunan sianida dapat menyebabkan gejala seperti sakit kepala, pusing, mual, muntah, sesak napas, kejang, dan dalam kasus yang parah, dapat menyebabkan kematian.

Memasak daun singkong dengan benar dapat mengurangi kadar sianida. Daun singkong sebaiknya direbus dalam air mendidih selama minimal 10-15 menit dan air rebusannya dibuang sebelum dikonsumsi.

2. Masalah Pencernaan

Daun singkong mengandung serat yang tinggi, yang pada dasarnya baik untuk pencernaan. Namun, konsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *