CEO BlackRock Larry Fink: Bitcoin Kini Menjadi Kelas Aset Mandiri


CEO BlackRock Larry Fink telah menyebut Bitcoin (BTC) sebagai kelas aset yang berbeda. Menyokong keyakinan ini, raksasa manajemen aset tersebut telah meluncurkan kampanye internasional yang ditujukan kepada mitra institusional untuk mendorong adopsi mainstream dari aset kripto tersebut.

Harga Bitcoin terus menanjak, melampaui tanda US$65.000 pada hari Senin.

Kampanye Adopsi Bitcoin Dipimpin CEO BlackRock

Larry Fink membuat pernyataan tersebut selama laporan pendapatan kuartal ketiga perusahaan, menunjukkan bahwa BlackRock sedang melibatkan institusi secara global tentang aset digital. Khususnya, diskusi berfokus pada alokasi aset untuk Bitcoin, melihatnya sebagai alternatif untuk komoditas seperti emas.

Lebih lanjut, dalam laporan pendapatan tersebut, Larry Fink menuturkan bahwa ekspansi Bitcoin bukanlah fungsi dari regulasi atau siapa yang menjadi presiden AS berikutnya. Sebaliknya, likuiditas dan transparansi adalah pendorongnya, dengan mantan skeptis Bitcoin tersebut meminta analitik yang lebih baik dan penerimaan investor yang lebih luas.

Dengan ini, Fink menyiratkan bahwa Bitcoin dan kripto pada umumnya serupa dengan produk keuangan baru lainnya, yang, meskipun terhenti, pada akhirnya mencapai skala.

Baca Lebih Lanjut: Apa Itu Bitcoin ETF?

Perspektif Larry Fink tentang Bitcoin menandai transformasi yang mencolok, mengingat dia adalah seorang skeptis Bitcoin yang vokal. Seperti CEO JPMorgan Jamie Dimon, eksekutif BlackRock tersebut memiliki sejarah menolak BTC sebagai aset spekulatif dan berpotensi berbahaya.

Namun, pernyataan Fink mungkin mewakili sentimen umum di antara manajer BlackRock. Kepala aset digital perusahaan, Robbie Mitchnick, baru-baru ini ucap bahwa Bitcoin adalah tempat perlindungan yang aman dan pada dasarnya adalah aset yang tidak berisiko.

Mitchnick menyatakan bahwa Bitcoin tidak terikat pada kesehatan ekonomi atau kebijakan negara mana pun, menambahkan bahwa kelangkaannya membuatnya kebal terhadap risiko devaluasi mata uang dan gejolak politik yang biasa.

Awal bulan ini, eksekutif BlackRock lainnya, Jay Jacobs, mengatakan masih banyak ruang untuk adopsi Bitcoin. Kepala ETF Tematik dan Aktif AS memperkirakan bahwa Bitcoin akan tumbuh menjadi pasar US$30 triliun dalam beberapa tahun mendatang.

ETF Bitcoin BlackRock Melonjak ke US$23 Miliar

Selama panggilan pendapatan, CEO BlackRock Larry Fink mengungkapkan bahwa ETF IBIT perusahaan telah melonjak menjadi pasar US$23 miliar dalam hanya sembilan bulan. Diluncurkan pada 11 Januari, ETF memberikan akses tidak langsung kepada investor institusional ke Bitcoin. Periode ini ditandai dengan keberhasilan signifikan, dengan dana menarik miliaran investasi dan memecahkan rekor volume perdagangan.

“…dan kami akan terus memperkenalkan produk baru untuk membuat investasi lebih mudah dan terjangkau,” tambah Fink.

IBIT BlackRock adalah pemimpin pasar dalam ruang ETF Bitcoin di AS. Ini mengelola hampir 370.000 BTC, muncul sebagai salah satu pemegang Bitcoin terbesar. IBIT telah melampaui kepemilikan Bitcoin MicroStrategy dan sekarang hanya tertinggal di belakang Satoshi Nakamoto dan Binance. Data di Arkham menunjukkan stash Bitcoin BlackRock bernilai US$25,35 miliar.

Baca lebih lanjut: Siapa yang Memiliki Bitcoin Terbanyak pada 2024?

BlackRock Bitcoin Stash Valuation
Valuasi Stash Bitcoin BlackRock | Sumber: Arkham

Saat BlackRock dan penerbit ETF kripto lainnya terus menawarkan akses institusional ke Bitcoin, kekhawatiran tentang risiko kepengurusan telah muncul. Kritikus juga khawatir bahwa peningkatan adopsi institusional dapat menggoyahkan prinsip-prinsip inti Bitcoin.

Aset kripto ini dirancang untuk mendesentralisasi kekuatan finansial, namun dengan kontrol institusional yang berkembang, beberapa orang khawatir itu dapat menggeser pengaruh kembali ke entitas yang seharusnya Bitcoin hindari.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli BeInCrypto yang berbahasa Inggris.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *